Breaking News

PRAKERIN DAN UKK SMK KELAUTAN DAN PERIKANAN DI SUPM NEGERI WAIHERU AMBON

Dalam rangka untuk menunjang SDM kelautan dan perikanan, SUPM Negeri Waiheru Ambon mendapatkan kehormatan sebagai rujukan SMK Kelautan dan Perikanan yang ada diwilayah kerjanya yaitu Maluku dan Maluku Utara sebagai tempat pembelajaran baik teori, praktek dan juga Uji Kompetensi Keahlian untuk siswa-siswa SMK Kelautan dan Perikanan. Kegiatan ini sendiri didahului oleh penandatanganan berita acara serah terima siswa Prekerin dan Uji Kompetensi Kelahlian dari para Kepala SMK Kelautan dan Perikanan kepada Kepala SUPM Waiheru Ambon yang pada tahap sebelumnya sudah dilakukan penandatangana MoU/Perjanjian Kerjasama yang bertempat di SUPM Negeri Waiheru Ambon.

Kegiatan Prakerin dan Uji Kompetensi Keahlian bagi Siswa SMK Kelatan dan Perikanan bertujuan untuk dapat memahami materi produktif yang mereka pilih, dan  juga untuk menanamkan jiwa disiplin kepada peserta didik dalam kaitannya dengan tata tertib kehidupan kampus yang diterapkan pada SUPM Negeri Waiheru Ambon, dan yang paling utama Untuk memperoleh standar mutu yang sama dan mempunyai legalitas untuk pengakuan kompetensi.

Kegiatan prakerin dan uji kompetensi keahlian yang diikuti oleh SMK Kelautan dan Perikanan terdiri dari :

  1. SMK Negeri Lebeleu sebanyak 12 orang Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan selama bulan Agustus 2016
  2. SMK Negeri Dobo sebanyak 8 orang Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan selama bulan Agustus 2016
  3. SMK Negeri Leihitu sebanyak 19 orang program keahlian Agribisnis Perikanan pada tanggal 19 s/d 24 Agustus 2016
  4. SMK Negeri Tiakur sebanyak 15 Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan pada tanggal 01 s/d 24 September 2016
  5. SMK Negeri Ustutun sebanyak 14 Program Keahlian Nautika Kapal Penangkap ikan pada tanggal 01 s/d 24 September 2016
  6. SMK Negeri Perikanan dan Kelautan Marsela sebanyak 19 orang program keahlian Pengolahan Hasil Perikanan dimulai pada tanggal 19 September 2016 dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 12 Oktober 2016.

Kegiatan prakerin dan uji kompetensi keahlian SMK Kelautan dan Perikanan juga telah dilaksanakan sebelumnya pada bulan Januari s/d Mei 2016 yang terdiri dari SMK Negeri SBB sebanyak 54 orang, SMK Amahai Maluku Tengah sebanyak 5 orang dan SMK Tanimbar Selatan sebanyak 25 orang.

Kegiatan prakerin dan uji kompetensi keahlian dipandu oleh instruktur/narasumber yang merupakan guru SUPM Waiheru Ambon yang keahliannya sudah dibekali dengan berbagai jenis sertifikat kompetensi keahlian. kegiatan uji kompetensi berlangsung didahului dengan kegiatan pemantapan materi uji kompetensi yang diberikan oleh guru-guru dan tenaga ahli SUPM Negeri Waiheru Ambon. Hal tersebut jugalah yang mendasari SUPM Negeri Waiheru Ambon mendapatkan kepercayaan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) dari BNSP dan LSP-KP.

Jumlah peserta prakerin dan uji kompetensi keahlian SMK Kelautan da Perikanan di SUPM Waiheru Ambon dari bulan Januari sampai dengan September 2016 sebanyak 171 orang.

Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring dengan peningkatan kebutuhan SDM KP yang kompeten dibidangnya masing-masing. Rencana pada bulan Oktober 2016 akan dilaksanakan kegiatan prakerin dan uji kompetensi keahlian dari 3 SMK kelautan dan Perikanan yang terdiri dari SMK Negeri 2 SBB sebanayak 89 orang, SMK Negeri Tabona Maluku Utara dan SMK Negeri Seira sebanyak 30 orang sehinggar target peserta prakerin dan uji kompetensi keahlian di SUPM Waiheru Ambon lebih dari 290 orang.

Foto Kegiatan

1
Kegiatan Apel Pagi bersama Siswa SMK KP dan Siswa SUPM Waiheru Ambon
2
Kegiatan uji kompetensi keahlian SMK Kelautan dan Perikanan yang dimulai dengan pengisian form permohonan uji kompetensi
3
Kegiatan prakerin dengan praktek pembuatan alat tangkap yang dipandu oleh istruktur dari SUPM Waiheru
4
Kegiatan prakerin dengan praktek pembuatan alat tangkap yang dipandu oleh istruktur dari SUPM Waiheru
5
Kegiatan praktek penggunaan alat navigasi kapal yang dipandu oleh instruktur yang merupakan nahkoda kapal latih SUPM Waiheru

Baca Juga

SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU SUPM WAIHERU AMBON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon adalah lembaga pendidikan formal kejuruan menengah di bawah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »