Breaking News

Kapal Latih

Instalasi Armada yang memiliki 2 (dua) buah Kapal Latih yaitu KM. Putilai dan KM. Alalunga yang dapat digunakan untuk mendukung kegiatan praktek laut pada Program keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Program keahlian Teknika Perikanan Laut (TPL), selain itu pula ke dua kapal tersebut dapat digunakan secara kontinyu   untuk kegiatan Teaching Factory (TEFA) NPL dalam rangka menyiapkan Siswa menjadi Wirausaha Muda dalam bidang penangkapan ikan. Untuk bidang pelayanan jasa maka SUPM Negeri Waiheru Anbon siap memberikan pelayanan  jasa penggunaan armada kapal latih KM.Putilai dan KM. Alalunga bagi masyarakat, Instansi Pemerintah/Swasta, lembaga penelitian,Perguruan Tinggi, semuanya ini dapat dilaksanakan lewat Kerjasama (MOU) yang saling menguntungkan.

Untuk Mendukung pelaksananaan kegiatan di atas, maka dalam Tahun Anggaran 2014 kedua kapal Latih KM. Putilai dan KM. Alalunga telah dlakukan perawatan (Docking) guna memastikan kelayakan  dari kedua Kapal tersebut.

  1. SPESIFIKASI KAPAL LATIH KM. PUTILAI

I. DATA KAPAL

1. Nama Kapal                                         : KM. Putilai

2. Type/Jenis Kapal                                  : Skipjack Pole and Line

3. Alat Tangkap                                         : Pole and Line

4. Pemilik Kapal                                        : SUPM Negeri Waiheru

5. Lokasi Usaha / Pelabuhan Induk           : Desa Waiheru Kota Ambon / Propinsi.   Maluku

6. Tempat Pembuatan Kapal                     : Desa Wayame Kota Ambon

7. Tahun Pembuatan                                  : Ambon, 2004

8. Material kapal                                        : Fiber Glass

9. Palkah     : a. Palkah Umpan                  : 2 buah

                     b. Palkah ikan                       : 6 buah

                     c. Palkah air                         : 2 buah

                     d. Palkah barang                   : 3 buah

10. Kecepatan Kapal (VS)                           : 9 knot

11. Dokumen (Surat-Surat ) Kapal:

a. Surat Ukur ( Bersifat  sementara )

b. Pas Tahunan (Bersifat  sementara)

c.  Sertifikat Kesempurnaan

II. UKURAN POKOK KAPAL

1. Panjang Keseluruhan Kapal  (LOA)       : 24, 39 meter

2. Panjang garis air ( LWL )                       : 19, 00 meter

3. Lebar kapal (Breadth / max)                   : 5.10 meter

4. Tinggi  Sarat (Depth/mld) / T                  : 4 meter

5. Tinggi Geladak     (H)                             : 1, 90 meter

6. Draft ( d )                                                : 1, 50 meter

7. Gross Tonage (GT) / DWT                     : 38,00 T

8. Tanda Selar                                            : GT.38 N0.1155/MMa

9. Anak Buah Kapal (ABK)                          : 5 orang

III. KAPASITAS KAPAL

1. Tangki Bahan Bakar                                : 8 ton

2. Tangki Air tawar                                      : 5 ton

3. Palkah es + ikan                                      : 10 ton

4. Palkah Umpan                                          :  0,5 ton

IV. UKURAN BALOK KONTRUKSI

1. Lunas luar     (Tebal)                                 : 20 cm

2. Rumah Geladak                                         : 8,5 x 4 x 2,30 m

V. MESIN Kapal

1. Mesin Utama (Merek)                                 : Yanmar

2. Jenis                                                           : 6 CH-UTE

3. Jumlah Selinder                                          : 6

4. Daya Kontinue                                            : 255 PK / Putaran 3000 Rpm

5. Mesin Bantui / Merek                                  : Yanmar TF 155

6. Kapasitas Generator                                   : 5 KVA

7. Tegangan                                                    : 220 volt

VI. BALING-BALING

1. Jenis                                                           : Fixed Pitch Propeller

2. Bahan                                                         : Kuningan

3. Jumlah Daun                                              : 3 (tiga)

VII. KEMUDI 

1. Jenis                                                          : Kemudi Balans

2. Sistem                                                       : Hydrolik

VIII. ALAT KESELAMATAN

1. Life Jacket                                                : 17 buah

2. Life Bouy                                                  : 3 buah

IX. ALAT-ALAT ISYARAT BAHAYA 

1. Parachute Signal                                      : 2 buah

2. Red Hand Flare                                        : 2 buah

3.Smoke Signal                                            : 2 buah

X. ALAT-ALAT NAVIGASI   

1. Radio SSB / VHF                                     : Yaesu. XPe ; 600

    No. Seri                                                    : 30770186

2. Radar                                                       : Furuno / 098

3. GPS                                                         : Garmin / Map

XI. ALAT TANGKAP

  • Pole and Line

XI. KONDISI KAPAL

  • KASKO KAPAL                      :  Baik
  •  MESIN KAPAL                       :   Normal
  •  ALAT TANGKAP                    ;  Baik
  •  ALAT KESELAMATAN          :  Baik
  •  ALAT NAVIGASI                    :  Baik

 –         PEMANFAATAN KAPAL :

1. Praktek siswa, terkait mata pelajaran produktif

          2.Praktek Laut Siswa Tingkat I Semester II

              Program Keahlian ; – Nautika Perikanan Laut (NPL)

                                             – Teknika Perikanan Laut (TPL)

– Teknologi Pengolahan Hasil  Perikanan (TPHP)

          3. Ujian Praktek KompetensiSiswa Tingkat III

              Program Keahlian : – Nautika Perikanan Laut (NPL)

                                              –  Teknika Perikanan Laut (TPL)

 – Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP)

          4. Kegiatan Unit Bisnis Sekolah / Teching Factory (TEFA)

  1. SPESIFIKASI KAPAL LATIH KM. ALALUNGA

I. DATA KAPAL

1. Nama Kapal                                          : KM. Alalunga

2. Type/Jenis Kapal                                  : Long Liner

3. Alat Tangkap                                         : Long Line

4. Pemilik Kapal                                        : SUPM Negeri Waiheru

5. Lokasi Usaha / Pelabuhan Induk          : Desa Waiheru Kota Ambon / Prop. Maluku

6. Tempat Pembuatan Kapal                     : Marunda, Jakarta

7. Tahun Pembuatan                                  : Ambon, 2007

8. Material kapal                                         : Fiber Glass

9. Palkah     : a. Palkah ikan                       : 2 buah

                       c. Palkah air                         : 1 buah

                       d. Palkah barang                   : 2 buah

10. Kecepatan Kapal (VS)                           : 12 knot

11. Dokumen (Surat) Kapal                         : a. Surat Ukur ( Bersifat sementara )

b. Pas Tahunan ( Bersifat Sementara )

c. Sertifikat Kesempurnaan Kapal

d. Surat Izin Penanhkapan Ikan (SIPI)

II. UKURAN POKOK KAPAL

1. Panjang Keseluruhan Kapal  (LOA)       : 17,75 meter

2. Panjang garis air ( LWL )                       : 16, 05 meter

3. Lebar kapal (Breadth / max)                   : 3,75 meter

4. Tinggi  Sarat (Depth/mld) / T                  : 4 meter

5. Tinggi Geladak     (H)                             : 1, 65 meter

6. Draft ( d )                                                : 1, 30 meter

7. Gross Tonage (GT) / DWT                     : 30,00 T

8. Tanda Selar                                            : GT.30 N0.3684/BC

9. Anak Buah Kapal (ABK)                          : 5 orang

III. KAPASITAS KAPAL

1. Tangki Bahan Bakar                                  : 6000 liter

2. Tangki Air tawar                                        : 1 ton

3. Palkah Umpan + ikan                                : 9 ton

IV. UKURAN BALOK KONTRUKSI

1. Lunas luar     (Tebal)                               : 20 cm

2. Rumah Geladak                                      : 8,5 x 4 x 2,30 m

V. MESIN Kapal

1. Mesin Utama (Merek)                             : Yanmar

2. Jenis                                                       : 6 CH-UTE

3. Jumlah Selinder                                     : 6

4. Daya Kontinue                                       : 255 PK / Putaran 3000 Rpm

5. Mesin Bantui / Merek                             : Yanmar TF 155

6. Kapasitas Generator                              : 5 KVA

7. Tegangan                                               : 220 volt

VI. BALING-BALING

1. Jenis                                                      : Fixed Pitch Propeller

2. Bahan                                                   : Kuningan

3. Jumlah Daun                                        : 3

VII. KEMUDI 

1. Jenis                                                    : Kemudi Balans

2. Sistem                                                 : Hydrolik

VIII. ALAT KESELAMATAN

1. Life Jacket                                           : 17 buah

2. Life Bouy                                             : 3 buah

IX. ALAT-ALAT ISYARAT BAHAYA 

1. Parachute Signal                                  : 2 buah

2. Red Hand Flare                                    : 2 buah

3.Smoke Signal                                        : 2 buah

X. ALAT BANTU NAVIGASI 

1. Kompas                                               : Tokimee GM Master Gyro

2. Radar                                                  : Furuno / 098

3. GPS                                                    : Garmin / Map 1920

XI. ALAT TANGKAP

  • Long Line   dengan Jumlah Basket    ; 10 Basket

– . ALAT BANTU PENANGKAPAN :

a. Power Suply

b. Line Hauler ; 1 buah

c .Radio Bouy ; 1 buah

d. Branch Hauler ; 1 buah

XII. KONDISI KAPAL:

  • KASKO KAPAL                              : Baik
  •  MESIN KAPAL                               ; Perlu di Over Hall
  •  ALAT TANGKAP                            ; Baik

–  ALAT KESELAMATAN :

a. Life Raft                                          ; kondisi baik

–  ALAT AKUSTIK :

  1. Fisfinder                                ; kondisi Baik
  2. Echo Sounder                       ; kondisi Baik

–  PEMANFAATAN KAPAL :

1. Praktek siswa, terkait mata pelajaran produktif

 2.Praktek Laut Siswa Tingkat I Semester II

  Program Keahlian ; – Nautika Perikanan Laut (NPL)

                                  – Teknika Perikanan Laut (TPL)

– Teknologi Pengolahan Hasil  Perikanan (TPHP)

3. Ujian Praktek KompetensiSiswa Tingkat III

  Program Keahlian : – Nautika Perikanan Laut (NPL)

 –  Teknika Perikanan Laut (TPL)

 – Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »