Breaking News
Culture Out door massal di bak fibre glass

PENYEDIAAN PAKAN ALAMI BAGI PEMELIHARAAN LARVA KERAPU (Chromileptes altiveles) DI SUPM NEGERI WAIHERU AMBON

Selama periode tahun 2015, SUPM Negeri Waiheru Ambon telah melakukan culture pakan alami untuk penyediaan kebutuhan pakan alami bagi pemeliharaan larva kerapu bebek (Chromileptes altiveles), Pakan alami yang disediakan terdiri dari fitoplankton dan zooplankton. Fitoplankton jenis Nannochloropsis sp dan Zooplankton dari jenis rotifer telah dimanfaatkan bagi penyediaan pakan alami kegiatan pemeliharaan larva kerapu bebek. Fitoplankton tersebut diculture secara bertingkat melalui 3 tahap dimulai dari culture in door (laboratorium), semi outdoor dan outdoor (massal). Sedangkan culture zooplankton diculture secara massal.
Culture fitoplankton dan zooplankton demikian dilakukan untuk memperoleh kepadatan dan kapasitas jumlah ( ton) dan harus tersedia sebelum penetasan telur dan pemeliharaan larva kerapu dilakukan, Dengan demikian schedule culture pakan alami tersebut harus disesuaikan dengan schedul pemeliharaan larva kerapu agar kebutuhan pakan alami tersebut tidak menjadi factor pembatas pada kegiatan pemeliharaan larva tersebut.
Culture pakan alami tersebut merupakan salah satu rangkaian terpadu kegiatan pembenihan ikan air laut. Kegiatan ini cukup mendukung proses pembelajaran praktek program keahlian teknologi Budidaya perikanan (TBP) yang di dampingi oleh Guru pembimbing (Desilina Arif, A.Pi, M.Si), sehingga seiring meningkatnya volume praktek tersebut diharapkan turut meningkatkan pengetahuan dan kompetensi siswa secara utuh dalam bidang pembenihan ikan tersebut.

Foto Kegiatan

Culture in door dalam laboratoium
Culture in door dalam laboratoium

Jpeg

Culture semi out door di aquarium
Culture semi out door di aquarium

Jpeg

Culture Out door massal di bak fibre glass
Culture Out door massal di bak fibre glass
Penghitungan kepadatan rotifera
Penghitungan kepadatan rotifera

 

Oleh : Desilina Arif, A.Pi, M.Si

Baca Juga

SELEKSI PENERIMAAN SISWA BARU SUPM WAIHERU AMBON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Waiheru Ambon adalah lembaga pendidikan formal kejuruan menengah di bawah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »