Breaking News

Sarana & Prasarana Teknika

  • Bengkel Mesin Pendingin

Bengkel Latih Mesin pendingin berfungsi untuk mengaplikasikan teori dalam  melatih siswa tingkat I, II dan III jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) pada pelajaran Mesin Pendingin. Adapun praktek yang dilakukan meliputi  bidang perawatan dan perbaikan mesin pendingin sebagaimana tertuang dalam kurikulum pendidikan pada Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon, diantaranya adalah :

  1. Perawatan dan perbaikan Komponen pokok mesin pendingin.
  2. Perawatan dan perbaikan Alat Bantu Mesin Pendingin
  3. Perawatan dan perbaikan alat control mesin pendingin
  4. Pengisian Refrigeran dan minyak pelumas dan lain-lain

Selain kegiatan praktek di atas, siswa jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) juga melaksanakan kegiatan penunjang yakni kegiatan tefa diantaranya adalah : Service AC, perawatan AC, perbaikan AC, perawatan dan perbaikan kulkas, serta perbaikan dan perawatan AC mobil, dll. Perbaikan dan perawatan secara rutin biasanya dilakukan di dalam kampus sekolah, warnet, instansi pemerintah dan di perumahan masyarakat sekitar lingkun kampus sekolah.

Dalam menunjang kegiatan praktek siswa dan kegiatan teva bagi siswa jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) di bengkel latih Mesin Pendingin perlu di tunjang dengan alat penunjang kegiatan praktek sebagaimana tabel di bawah ini :

Selain Alat-alat penunjang kegiatan praktek, bengkel Mesin Pendingin di lengkapi pula dengan Simulator mesin pendingin dan compressor mesin kapal yang tentunya sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan siswa.

  • Bengkel Meknaik

Kegiatan praktek siswa di bengkel mekanik yang dilaksanakan oleh siswa Jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) kelas I, II dan III meliputi kegiatan Praktek pengelasan, mengebor, membubut, memotong, mengetap dan lain-lain. Kegiatan praktek dilaksanakan beberapa kali hal ini dimaksudkan untuk melatih siswa agar trampil dalam bekerja sehingga hasil kerja lebih maksimal dan seefektif mungkin.

Kegiatan Tefa yang di laksanakan di Bengkel Mekanik lebih banyak di arahkan pada kegiatan pengelasan.Adapun kegiatannya meliputi pembuatan pagar, pembuatan tenda, pembuatan teralis dan lain-lain.Semua kegiatan Tefa dilakukan oleh Siswa Jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) hal ini diharapkan agar siswa lebih percaya diri dan melatih siswa dalam wirausaha.

Untuk menunjang kegiatan praktek dan kegiatan tefa, bengkel mekanik ditunjang dengan sarana yang memadai sebagaimana tabel di bawah ini:

Demikian deskripsi kegiatan Tefa Jurusan Teknika Perikanan Laut (TPL) pada Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon, semoga deskripsi ini merupakan acuan untuk lebih baik di waktu yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »