Breaking News

Supm Negeri Waiheru Ambon Siapkan Sumber Daya Manusia Kelautan Dan Perikanan

sumber daya mansuia supm ambonSekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru Ambon siap menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang Kelautan dan Perikanan. Karena itu Sekolah ini merupakan satu satu nya sekolah yang mendapa pembinaan langsung dari Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan.

Tahun ajaran 2011/2012 SUPM Waiheru berhasil memperoleh Presentasi kelulusan 100 persen pada Ujian nasional. Keberhasilan ini menjadi indikasi kalau sekolah yang berlokasi di Waiheru Kota Ambon ini telah siap memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan di bidang Kelautan dan Perikanan di Maluku.

Wakil Walikota (Wawali) Ambon M.A.S Latuconsina dalam sambutan nya pada acara Wisuda lulusan SUPM Negeri Waiheru Ambon selasa tanggal 12-06-2012 Mengatakan “ POTENSI KELAUTAN DAN PERIKANAN PROVINSI MALUKU CUKUP BESAR NAMUN BELUM DIEKSPLOITASI SECARA MAKSIMAL” . oleh karena itu peran lulusan SUPM Waiheru yang telah memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan sangat diharapkan memainkan perannya di tengah masyarakat. Dia menilai semua lulusan SUPM telah memenuhi standar kompetensi lulusan yang dapat digunakan sebagai bekal untuk terjun ke dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi yang Relevan.

Bagi lulusan yang terjun ke dunia kerja, bekerjalah dengan baik lakukan pekerjaan sesuai aturan yang ada dan disiplin, serta menjaga nama baik SUPM,  karena akan menjadi perintis bagi angkatan yang ada di bawahnya, “ jika tidak disiplin maka pastinya akan mengurangi minat perusahaan untuk merekrut lulusan SUPM “ ujar nya.

Dia menyampaikan apresiasi Kepada Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang selama ini telah membantu SUPM Negeri Waiheru Ambon dalam megembangkan Satuan Pendidikan dan memberikan pelatihan dalam rangka  peningkatan kualitas SDM bagi kelompok-kelompok Nelayan.

Ditempat yang sama Kepala SUPM Negeri Waiheru Ambon Harissjon dalam laporan nya menjelaskan “Peserta Ujian Nasional di SUPM sebanyak 92 Orang yang terbagi dalam tiga Program keahlian  yakni Nauntika Perikanan laut ( NPL ) Teknika Perikanan Laut ( TPL ) Teknologi Pengolahan hasil Perikanan ( TPHP).

Lulusan terbaik  Tahun ajaran 2011/2012 adalah Isnawati dari Program Keahlian Teknologi hasil perikanan yang memperoleh nilai rata-rata 8,10.

Kepala SUPM Negeri Waiheru Harissjon menceritakan bahwa semua lulusan SUPM selain mendapatkan Ijasah juga di lengkapi dengan Ijazah Ahli Nautika dan ahli Teknika Kapal Penangkapan Ikan

(ANKAPIN/ATKAPIN II) bertaraf internasional serta sertifikat HCCP untuk Program Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

Sebagai upaya Peningkatan keahlian Profesi Pelaut Indonesia sesuai standart

Internasional Maritime Organization (IMO), maka SUPM Waiheru Ambon juga telah melengkapi Sarana dan Prasarana yang memadai seperti Basic Safety Training (BST), sarana BST akan membantu para siswa program keahlian Nautika perikanan laut dan teknika perikanan laut serta para alumni yang ingin bekerja di kapal, karena sertifikat BST wajib dimiliki oleh semua pelaut.

Baca Juga

SERTIFIKASI KOMPETENSI DAN UJI KOMPETENSI KEAHLIAN (UKK) SISWA TINGKAT III SUPM NEGERI WAIHERU AMBON TAHUN 2016

Sertifikasi Kompetensi dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) siswa-siswi SUPM Negeri Waiheru Ambon sebagai salah salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »