PELEPASAN TARUNA DALAM RANGKA MELASANAKAN KEGIATAN PPKMP DAN PKL I

AMBON- Kegiatan Pembukaan dan Pelepasan 293 taruna Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Maluku yang akan melaksanakan kegiatan Praktik Pengenalan Kehidupan Masyarakat Perikanan (PPKMP) dan Praktik Kerja Lapang (PKL) I berlangsung di Gedung Auditorium SUPM Waiheru Ambon. Jumat (03/06/22)
Turut hadir, Wakil Koordinator Politeknik KP Maluku, Penanggungjawab BAAK, Pejabat SUPM Waiheru Ambon dan Politeknik KP Maluku, Seluruh Kepala Program Studi, Dosen, dan seluruh peserta PPKMP dan PKL I.
Wakil Koordinator Politeknik KP Maluku Dr. Achmad Jais Ely, ST., M. Si. menyampaikan bahwa sudah saatnya taruna harus berbaur dengan Masyarakat dan seluruh Unit-unit pelaksana teknis, juga berbaur dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DuDI) yang berada diluar Kampus.
“Sudah saatnya kalian harus dapat berbaur dengan Masyarakat, Unit-unit Pelaksana Teknis, dan Dunia Usaha Dunia Industri yang berada diluar sana” Ucap Wakil Koordinator Poltek KP Maluku saat memulai sambutan.
Kepada seluruh taruna, Wakil Koordinator menambahkan bahwa apa yang telah didapatkan di Kampus, dapat diaplikasikan dengan baik kepada Masyarakat maupun pada DuDi.
Hal lain yang disampaikan kepada taruna agar selalu menjaga nama baik Almamater dalam hal ini adalah karakter dan disiplin lebih diutamakan. Ketika ini tidak dijaga maka dapat berpengaruh pada generasi angkatan berikutnya.
Khusnya kepada taruna madya yang akan melaksanakan PKL I diharapkan dapat menjaga etika dan kedisipilan selama berada dilokasi Pratik.
“Anda akan melaksanakan pratik di PPN Ambon, BPBL Ambon maupun ke Perusahaan Pengolah Hasil Perikanan. Maka tunjukan bahwa anda seorang yang terdidik, dan seorang yang menuntut ilmu pada pendidikan Vokasi, juga dididik dan dilatih dalam Sistem Boarding Scool (Sistem Pendidikan Berasrama) maka kekompakan dan kebersamaan, karakter, kedisiplinan, etika, dan moral hasrus dijaga.” Tegasnya
Dilain sisi, Penanggungjawab BAAK juga selaku Ketua Panitia Ir. Leopold A. Tomasila, M.Si. menyampaikan jumlah peserta yang akan mengikuti kegiatan PPKMP semester II berjumlah 132 orang yang terbagi atas tiga program studi, diantaranya program studi Teknik Penangkapan Ikan (TPI) sebanyak 48 orang, Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP) sebanyak 45 orang, dan Teknik Budidaya Perikanan (TBP) sebanyak 44 orang.
Kegiatan PPKMP untuk taruna semester II khusus untuk prodi TPI dan TBP yang dilaksanakan akan berlangsung dibeberapa lokasi diantaranya, Negeri Assilulu, Negeri Ureng, Negeri Negeri Lima Kecamatan Leihitu, dan Desa Waiheru Kota Ambon. Sedangkan untuk prodi TPPP akan dilaksanakan Perusahaan Aneka Sumber Tata Bahari (ASTB) Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.
Dan direncanakan kegiatan PPKMP untuk taruna semester II akan berlangsung selama dua minggu yang dimulai pada tanggal 6 sampai dengan 22 Juni 2022.
Pratik Kerja Lapang (PKL) I semester IV bagi taruna Madya Politeknik KP Maluku berjumlah 161 orang yang terbagi dalam tiga program studi, diantaranya prodi Teknik Penangkapan Ikan (TPI) 57 orang, Teknik Pengolahan Produk Perikanan (TPPP) 48 orang, dan Teknik Budidaya Perikanan (TBP) 56 orang.
Dimana kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan dibeberapa lokasi, diantaranya Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Ambon dan Pelabuhan Tulehu khusus untuk taruna prodi TPI. Dan untuk taruna prodi TPPP akan melaksanakan PKL I di Kampus Politeknik KP Maluku. Sementara untuk taruna prodi TBP nantinya melaksanakan PKL I di Kantor Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon.
Waktu pelaksanaan KPL I untuk taruna madya Politeknik KP Maluku direncanakan akan dimulai pada tanggal 6 juni sampai dengan 1 Juli 2022.

Baca Juga

PENILAIAN AKHIR SEMESTER SISWA SUPM WAIHERU

AMBON- Sebanyak 58 siswa pagi ini mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Semester (PAS) II yang di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »